Tingkatkan kecepatan SD Card Menggunakan SD Booster

Tingkatkan kecepatan SD Card Menggunakan SD Booster

Semakin canggihnya teknologi handphone Android menuntut semakin tingginya kualitas dari perangkat penunjangnya. Salah satunya adalah kualitas SD card. Salah satu faktor yang menentukan kualitas dari sebuah SD card adalah kecepatan baca dan tulisnya (read and write speed) atau dapat juga ditentukan dari class sebuah SD card.

Pengertian class SD card secara singkat adalah kecepatan tulis (write speed) dari sebuah SD card. Bila ingin mengetahui lebih lanjut mengenai SD card class dapat membaca artikel: apa itu class sd card?

Artikel ini kami buat setelah beberapa hari yang lalu ada seorang pembaca harga-hp.com yang menanyakan “apakah dapat meningkatkan class dari sebuah SD Card?” Jawabannya kemungkinan besar tidak, karena class SD card ditentukan dari kecepatan tulis yang sudah menyangkut hardware dari SD card itu sendiri.

Mungkin akan muncul pertanyaan “Berarti, mau tidak mau kita harus membeli SD card dengan class yang lebih baik?” jawabannya tidak juga. Bila performa handphone menjadi lemot atau lambat, misalnya pada saat membuka folder foto waktu loading-nya lama sekali, atau pada saat bermain game seperti patah-patah (lag), maka Anda tidak perlu terburu-buru membuang SD card Anda yang lama dan membeli SD card baru yang lebih baik. Hal ini dikarenakan proses loading yang lama bukan di akibatkan dari kecepatan tulis (write) yang rendah, namun di akibatkan oleh kecepatan baca (read) yang rendah.

Memang SD card dengan class tinggi pada umumnya juga memiliki kecepatan baca yang cepat. Namun, bila Anda memiliki SD card class rendah (class 2), maka tidak perlu berkecil hati, walaupun Anda tidak dapat meningkatkan kecepatan tulisnya (meningkatkan class-nya), namun Anda masih dapat meningkatkan kecepatan bacanya menggunakan aplikasi SD Booster.

Lagi pula, untuk dapat meningkatkan performa handphone Android, pada umumnya bukanlah dengan cara menggunakan SD card yang memiliki kemampuan tulis (write) yang tinggi, namun dengan menggunakan SD card dengan kemampuan baca (read) yang cepat.

Tutorial meningkatkan kecepatan SD card menggunakan SD Booster

Penggunaan aplikasi ini mudah, namun pertama-tama Anda harus root handphone Android terlebih dahulu. Penjelasan root dapat dilihat pada artikel Apa itu root Android.

Bila handphone Android sudah di root, Anda hanya perlu mengunduh (download) aplikasi SD booster buatan Daniel Mehrmann (Akusari) dari Android market. Pada saat proses instalasi akan muncul peringatan yang kurang lebih artinya “Pembuat aplikasi SD Booster tidak bertanggung jawab atas segala resiko yang mungkin muncul akibat penggunaan aplikasi ini” dan tentu saja kami pun tidak :) So, take it or leave it

Namun Anda jangan terlalu khawatir, menurut kami aplikasi ini cukup aman digunakan, namun ada baiknya Anda me-back up data-data yang penting terlebih dahulu. Ok sekarang lanjut lagi, setelah aplikasi terinstall, Anda hanya perlu mengatur besar cache yang diinginkan lalu klik tombol “Apply”. Anda dapat mengatur besar cache mulai dari 128 KB – 8192 KB. Semakin besar cache yang diatur belum tentu semakin cepat read speed SD card, jadi Anda perlu sedikit bereksperimen untuk menentukan besaran cache yang ideal.

tingkatkan speed SD CardAplikasi Android SD Booster

Catatan: Cache Size (Current) menandakan besarnya cache yang saat ini digunakan.

Besarnya ukuran cache yang disarankan adalah 1024 KB dan/atau 2048 KB. Bila ingin lebih besar dari nilai tersebut, kami sarankan mencobanya dengan besaran sebagai berikut:

  • 1024
  • 2048
  • 3072
  • 4096
  • 5120
  • 6144
  • 7168
  • 8192

Bila sudah mencoba besar cache diatas, namun masih penasaran atau dirasa belum optimal, Anda dapat mencoba dengan nilai cache yang lainnya.

Nilai cache akan secara otomatis kembali ke awal, yaitu sebesar 128 KB setiap kali handphone Android di restart. Bila Anda tidak menginginkan hal itu terjadi, silahkan memberi tanda centang tulisan “Set On Boot”. Bila dicentang, nilai cache akan tetap seperti yang ditentukan walaupun handphone di restart.

Untuk membuktikan efektifitas dari aplikasi ini, kami melakukan tes menggunakan aplikasi SD tools buatan Veluscek Ales. Berikut adalah screenshoot kecepatan baca dan tulis Micro SD Class 6 milik kami sebelum menggunakan aplikasi SD Booster.

aplikasi tes kecepatan SD cardAplikasi SD Tools untuk tes kecepatan SD Card

Dan berikut adalah kecepatan setelah menggunakan SD Booster yang diatur dengan cache sebesar 2048 KB

micro sd class 6 speedKecepatan SD card setelah menggunakan aplikasi SD Booster

Uji kecepatan SD card ini kami lakukan beberapa kali untuk memastikan kebenarannya. Untuk kecepatan tulisnya (write speed) tidak terjadi peningkatan, baik sesudah atau sebelum menggunakan SD Booster kecepatannya antara 9,1-9,3 MB/s.

Kecepatan bacanya (read speed) terlihat cukup meningkat, dari sebelum menggunakan SD booster kecepatan bacanya antara 21-22 MB/s meningkat menjadi 27-29 MB/s setelah menggunakan SD booster.

Sayangnya kami mencoba aplikasi ini menggunakan SD card yang memiliki kualitas cukup baik, sehingga kami tidak terlalu merasakan perbedaanya, karena read speed SD card yang kami miliki secara standar sudah cukup baik. Namun, berdasarkan beberapa laporan yang kami terima dari teman kami, setelah menggunakan aplikasi SD booster, kinerja handphone Androidnya meningkat cukup tinggi, khususnya pada saat memainkan game HD (high definition). Bila sebelum menggunakan SD Booster terasa lag, namun setelah menggunakannya tidak lagi.

Bila Anda sudah mencoba aplikasi ini dan memiliki pendapat, silahkan mengisi form komentar dibawah. Terima Kasih :)

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: