Terlambat Mengetahui 1 Ramadhan

Terlambat Mengetahui 1 Ramadhan

Apakah niat puasa Ramadhan harus pada malam hari atau boleh pada siang hari. Masalahnya pada waktu pagi harinya orang mengatakankepada saya bahwa hari ini tanggal 1 Ramadhan. Apakah saya wajib menqadha’?

Jawab:

Menetapkan niat shaum Ramadhan itu wajib pada malam hari sebelum masuk waktu fajar. Adapun niat pada siang harinya tidak dapat menggantikannya. Yang harus dilakukan orang yang baru mengetahui masuknya bulan Ramadhan pada siang harinya yaitu tetap harus berniat shaum, tidak boleh makan atau minum hingga matahari tenggelam. Dan, ia wajib mengqadha’ puasa hari itu. Fatwa ini berdasarkan hadits riwayat Ibnu Umar RA dari Hafsah RA bahwa Nabi SAW bersabda,

مَنْ لَمْ يُجْمِعْ الصِّيَامَ قَبْلَ الْفَجْرِ فَلا صِيَامَ لَهُ

“Barangsiapa yang tidak menetapkan (berniat) untuk berpuasa sebelum fajar, maka tiadalah puasa baginya” (HR. Ahmad, Ashabus Sunan, Ibnu Huzaimah dan Ibnu Hibban).

Hukum ini berlaku bagi puasa wajib. Adapun puasa sunnah dibolehkan berniat pada siang harinya selagi belum makan, minum atau berhubungan suami-istri setelah fajar. Dasarnya adalah hadits dari Aisyah radhiyallahu ‘anha bahwa rasulullah pernah menemuinya di waktu pagi menjelang siang. “Apakah kamu memiliki makanan?” tanya beliau. “Tidak,” Jawabku. Beliau bersabda, “(Kalau begitu) hari ini saya berpuasa.” (HR. Muslim).

 Fatawa Lajnah Ad-Daimah

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: